Tips Sehat Menjalani Puasa Ramadhan

Bulan Ramdhan Adalah bulan yang di muliakan oleh Allah Subhanhu wa Ta’ala, dan seluruh ummat islam di wajibkan melaksanakan rukun islam yang ke empat, yakni puasa di bulan Ramadhan. Kita patutu bersyukur, karena di tahun ini masih di pertemukan dengan bulan yang penuh berkah. Selain penuh keberkahan, ternyata secara medis puasa sangat di anjurkan untuk memperbaiki system pencernaan tubuh manusia.

Namun, banyak sebagian dari kita masih kesulitan dalam menjalani puasa. Alasannya, malah menyinggung tentang kesehatan tubuh. Berikut kami berikan tips sehat menjalani puasa. Sehingga kita bias melaksanakan puasa dengan lancer.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya : “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dan halal dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS Al Baqarah: 168)

Penuhi serat dan protein pada waktu sahur

Makanan sahur hendaknya mengandung protein yang banyak. Protein dapat ditemukan dalam telur, keju, yogurt, dan kacang – kacangan. Selain itu, serat juga membantu untuk memberikat tenaga saat puasa. Serat banyak terdaopat pada buah, sayuran, dan biji – bijian.

Jangan Berlebihan Saat Buka Puasa

Ketika berbuka, kebanyakan orang cenderung akan balas dendam saat berbuka. Kita harus berhati – hati saat berbuka puasa. Hindari makan – makanan yangt berlebihan, Setidaknya harus ada jeda. Kita awali berbuka dengan meminum segelas air putih dan memakan 3 buah kurma. Setelah selesai melaksanakan sholat magrib, barulah kita makan nasi dan lauk pauk secukupnya.

Hindari Kue dan Camilan Berkalori Tinggi

Banyak kita jumpai dibulan Ramadhan pedagang menjajakan menu tajil  kebanyakan berupa kue. Kue adalah makanan berkalori tinggi memiliki dampak negatif bagi orang yang berpuasa. Efeknya adalah menimbulkan kegemukan. Oleh karena itu kurma baik untuk mengganti kue sebagai camilan.

Jaga Suhu Tubuh dan Tetap Hidrasi

Untuk menjaga suhu tubuh, sebaiknya hindari panas terik matahari. Hal tersebut mamou memebantu tubuh kita untuk tetap Hidrasi. Lebih baik lagi, jika sahur kita mengonsumsi buah yang banyak mengandung air. Dan ikuti pola dua gelas air waktu sahur, dua gelas air sat berbuka, serta empat gelas dimalam hari dengan rentang tiap 1 jam.

Puasa sesuai Kemampuan Fisik

Ada baiknya berkonsultasi mengenai kesehatan kita kepada dokter. Khususnya, untuk orang lanjut usia dan orang yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik. Hal ini juga berlaku untuk ibu – ibu yang tengah hamil ataupun menyusui.

Olahraga Ringan

Jangan jadikan alasan puasa untuk tidak berolahraga. Dengan berolahraga tubuh kita tetap bugar dan kuat. Lakukan rutinitas beberapa menit menjelang waktu berbuka. Lakuakan olahraga dengan insentitas rendah maupun sedang.(dari berbagai sumber).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *