Hari Raya Idul Fitri Tahun 2016 (1 Syawal 1437 Hijriyah)

Hari Raya Lebaran Idul Fitri adalah hari raya ummat islam di seluru dunia yang jatuh pada tanggal 1 syawal  pada penanggalan Hijriah, penentuan 1 syawal di indonesia umat islam menggunakan 2 metode perhitungan yang berbeda yaitu metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal (perhitungan matematis berdasar posisi geometris benda langit) dan metode Rukyatul Hilal (pengamatan visibilitas hilal secara langsung dengan kasat mata).

  • Metode Rukyatul Hilal (pengamatan visibilitas hilal secara langsung dengan kasat mata) ini digunakan oleh Pemerintah NU dan Warga NU.
  • Metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal (perhitungan matematis berdasar posisi geometris benda langit) digunakan oleh Ormas dan Warga Muhammadiyah.

Meskipun metode metode yang digunakan oleh rakyat indonesia berbeda beda dan setiap tahunnya tidaklah bersamaan janganlah digunakan sebagai pemecah persatuan umat islam di Indonesia, hargailah semua perbedaan yang ada.

Sedangkan pelaksanaannya hari raya lebaran idul fitri pada tahun ini 2016 atau 1437 H sebagai berikut:

 

Hari Raya Lebaran Idul Fitri Hasil Sidang Isbat 2016 Muhammadiyaah NU Kementrian Agama RI Pemerintah

Hari Raya Idul Fitri Muhammadiyah / NU / Pemerintah / Kementrian Agama RI 1 Syawal 2016 – 1437


NU : Rabu, 06 Juli 2016

Muhammadiyah : Rabu, 06 Juli 2016

Kementrian Agama RI / Pemerintah (Sidang Isbat) : Rabu, 06 Juli 2016

Sebagai hamba yang beriman kepada Allah SWT, dan meski akan berbeda waktu pelaksanaan hari raya marilah kita menjalankan ibadah ini penuh dengan semangat dan keikhlasan, sehingga kita benar-benar bisa menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah SWT.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *