Tips Ramadhan: Berpuasa Ala Rasulullah SAW

Banyak orang mengakui keagungan dan kehebatan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Beliau juga adalah contoh bagi orang kaya dalam kedermawanannya. Beliau adalah contoh bagi orang miskin dan kesederhanaan dan kezuhudannya, dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam merupakan teladan bagi pemimpin dalam ketegasan dan kebijaksanaannya, tak terkucuali ibadah puasa dibulan Ramadhan.

Rasulullah ialah manusia terpuji dan paling mulia akhlaknya dari semua mahluk, sebaik-baik nabi dan para rasul yang diutus Allah, sampai-sampai Allah dan para malaikat bershalawat atasnya.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memuji Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai suri teladan yang baik bagi semua umat.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

“Sesunggunya telah ada pada (diri) Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS al-Ahzab [33]: 21)

Berikut ini beberapa tips yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam menjalankan ibadah puasa dan menghidupkan bulan Ramadhan, ialah :

Memantapkan Niat

Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud: “Barang siapa yang tidak menetapkan akan berpuasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Melaksanakan Makan Sahur

Dari Anas Bin Malik Radhiyallahu Anhu. berkata: Telah bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, “ Sahurlah kalian, maka sesunggunya dalam sahur itu ada berkahnya.” (HR Bukhari Muslim).

Imsak Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “ Apabila salah seorang diantara kalian mendengar adzan subuh, padahal bejana masih berada ditangannya, maka janganlah ia meletakkan ( bejana itu) sehingga ia menyelesaikan kebutuhannya darinya (bejana).” (HR Abu Dawud dan ibunu Jarir ).

Hadis tersebut diatas menegaskan bahwa, jika seseorang yang sedang sahur mendengar adzan subuh, maka ia diperbolehkan meneruskan sahurnya (Hal ini ditunjukan untuk orang yang tidak sengaja menunggu atau mengetahui bahwa adzan subuh telah berkumandang).

Mempercepat Berbuka Apabila Telah Tiba Waktunya

Dari Sahl bin saad berkata: Sunggunya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “ Telah berfirman Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung, “ Hamba-hambaku yang lebih aku cintai ialah mereka yang paling segera berbukanya.” (HR Tirmidzi dan Abu Hurairah).

Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallambersabda: Orang-orang yang berkumpul di masjid dan membaca al-qur’an, maka kepada mereka Allah akan menurunkan ketenangan batin dan limpahan rahmat. (HR Muslim).

Memperbanyak Sedekah

Bersedekah bukan hanya memberi uang, tetapi termasuk didalamnya memberi pertolongan, mengajak orang lain berbuka puasa terutama kepada golongan fakir miskin, bahkan member senyum pun sudah termasuk sedekah.

Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah yaitu zakat yang dihubungkan dengan idul Fitri. Pada saat itu, tiap- tiap orang islam harus membayar zakat berupa bahan makan yang telah ditentukan (2,5 Kg), baik berupa beras , gandum dll apa saja yang menjadi makanan pokok daerah setempat. Dan dihitung menurut keluarga, termasuk orang tua, anak-anak, lelaki dan perempuan.(HR Bukhori)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:  Apabila seorang dari kamu sekalian puasa, maka janganlah ia berkata kotor dan berteriak. Jika dicela orang lain atau dimusuhi, maka katakanlah , “ Aku ini sungguh sedang berpuasa “. Demi Allah yang menggenggam jiwa Muhammad, sesunggunya bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum disisi Allah dari pada bau minyak kesturi.

Dan bagi orang yang berpuasa itu ada dua kegembiraan : ketika berbuka ia bersuka cita dengan datangnya saat berbuka, dan ketika bertemu dengan Tuhannya ia bersuka cita dengan pahala puasanya. Dan semoga amal ibadah puasa kita dibulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *