Awal Puasa Ramadhan Tahun 2016 – 1437 Hijriyah

Puasa Ramadhan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Ajaran Islam puasa bulan Ramadhan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini.

Namun harus dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT. Puasa pada bulan Ramadhan merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang keempat.

Ajaran Islam puasa pada bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan. Sehingga jika dengan sengaja tidak melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan maka seseorang tersebut akan berdosa sesuai dengan Firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (Qur’an Surah Al-Baqarah 2:183)

Puasa Ramadhan merupakan rutinitas yang ibadah yang tidak bisa ditinggalkan dalam setiap tahunnya karena hukumnya yang wajib. Puasa Ramadhan ialah puasa yang dilaksanakan mulai dari fajar (subuh) hingga terbenam matahari (maghrib).

Di bulan Ramadhan inilah seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa jika tidak mampu maka diharuskan untuk mengganti puasa tersebut pada hari-hari yang lain.

Sedang pelaksanaannya awal puasa Ramadhan pada tahun ini 2016 atau 1437 H sebagai berikut:

Awal Puasa Muhammadiyah / NU / Pemerintah / Kemenag RI 1 Ramadhan 1437 H / 2016.

Muhammadiyah: Senin, 6 Juni 2016

NU: Senin, 6 Juni 2016

Kemenag RI / Pemerintah (Sidang Isbat): Senin, 6 Juni 2016

Sebagai hamba yang beriman kepada Allah SWT, marilah kita menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini penuh dengan semangat dan keikhlasan, sehingga kita benar-benar bisa menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah SWT.

Semoga setelah melewati bulan Ramadhan, akhlak, prilaku dan budi pekerti kita lebih meningkat sehingga menjadi insan yang selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT. Amin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *